Jumat, 13 Juli 2012

Masalah Gudang Supermarket

                                              Masalah Gudang Supermarket dan Address tag

Bukan yang besar dapat mengalahkan yang kecil, yang besar dan kecil bisa sama-sama hidup. Tetapi yang cepatlah yang menjadi unggul, oleh karena itu lebih banyak juara dilahirkan melalui lomba kecepatan. Supermarket atau toko yang tak mampu memberikan pelayanan yang baik dan cepat akan tersingkir. Banyak kasus dimana pelanggan menunggu packaging dicarikan oleh SPG toko. Masalah di gudang muncul karena membutuhkan waktu lama dalam mencari dos yang dibutuhkan maka pelanggan langsung membawa barangnya tanpa dos pembungkus, sambil mengutarakan komplain mereka. Ada sebagian yang bersedia menggunakan dos untuk barang lain. Sedikit sekali pelanggan yang bersedia menunggu hingga setengah jam, sambil melihat-lihat barang lainnya. disinilah masalah penataan di gudang, masalah penempatan di gudang, masalah ketertiban dan kedisiplinan karyawan gudang dalam melakukan penataan, menjadi bagian dari masalah gudang.

Celakanya, setelah ditunggu cukup lama , ternyata dos yang dicarikan oleh petugas toko atau supermarket tak kunjung datang. Maka suara komplain mereka cukup keras karena mereka di kecewakan. Masalah kecil yang kurang diperhatikan tentunya akan terus menjadi masalah selama bertahun-tahun dan pada akhirnya menjadi masalah besar. Dimana kini telah banyak bermunculan kompetitor yang mampu memberikan pelayanan yang baik dan jauh lebih cepat. Pada kondisi demikian maka, pemilik toko menyadari tentang pentingnya pelayanan sampai dengan hal terkecil dan nampak sepele.
Pada saat kondisi omzet penjualan mulai menurun, maka pengelola toko melakukan upaya efisiensi dengan mengurangi jumlah karyawan di gudang. Namun kondisi bukan bertambah baik tetapi justru bertambah buruk. Permasalahan utama dalam pelayanan kurang diperhatikan. Pihak konsultan diminta untuk mencari penyebab masalah dengan fokus pada fungsi pelayanan karena dari kelengkapan item barang sudah menunjang “one stop service” dimana semua kebutuhan pelanggan sebagian besar tersedia. Harga jual juga bersaing, terutama item barang yang juga banyak dijual di kompetitor.
Perbaikan pelayanan dilakukan melalui pelatihan pelayanan, pembenahan gudang, serta penataan dos kosong atas barang display yang selama ini menumpuk dan memakan kapasitas gudang lantai satu hingga 40%. Belum ada penataan yang tepat atas dos kosong. Sehingga kecepatan pelayanan gudang dalam mensuplai barang menjadi terhambat karena lokasi penataan tidak teratur sehingga menyulitkan petugas gudang dalam menempatkan dan mencari barang.
Langkah awal (Ringkas) adalah memilahkan barang yang digunakan dan tidak digunakan. Mulai dari pemilahan barang mati dan barang yang tak digunakan sehingga ada ruang untuk melakukan penataan barang. Dos kosong yang tidak ada barang displaynya dibuang. Opname atas barang display dilakukan untuk menetapkan dos kosong manakah yang akan disimpan dan berapa jumlahnya. Petugas gudangpun ditambah.
Kemudian melakukan penataan atas barang yang dibutuhkan (Rapi). Dimana perlu diciptakan tempat untuk setiap item barang sehingga petugas mampu menempatkan barang pada tempatnya . keteraturan penempatan akan menjamin dalam kemudahan mencari barang dan meningkatkan kecepatan pelayanan kepada pelanggan.
Dalam menjamin kecepatan mencari dos untuk barang display maka diperlukan address tag, kartu yang berisi informasi tentang alamat penempatan dos atau barang. Pada saat terjadi penjualan maka kartu tersebut dibawa oleh pramuniaga ke gudang untuk mengambil dos barang di lokasi penempatannya. Dengan sistem penataan tetap maka pencarian dos dapat memenuhi standart yaitu dibawah 3 menit. Pelayanan kepada pelanggan menjadi jauh lebih baik dan omzet penjualan meningkat. Peningkatan penjualan disamping karena pelayanannya yang baik juga item barang yang ditampilkan pada rak display bertambah. Dulunya banyak item barang yang tidak didisplay, melalui pengaturan penataan barang digudang maka banyak item barang yang tidak pernah didisplay bisa didisplay kembali. Peluang barang dibeli pelanggan menjadi besar. Bukankah inti bisnis adalah menawarkan. semua masalah di gudang dapat diselesaikan dengan baik manakala kita fokus pada proses.
Konsultan gudang berbagi untuk dapat mendatangkan manfaat. Salam sukses selalu
Drs.Psi Reksa Boeana
Executive Partner PT. Smart Business Solution

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar